LAPORAN kunjungan industri
Disusun Oleh
Nama :
ALI MAHMUDI
NIS : 2011385
YAYASAN AL – ZAHRA HAJAIN
SMK CORDOVA KAJEN MARGOYOSO PATI
TAHUN PELAJAAN 2012 / 2013
Jl. Polgarut Selatan Margoyoso Pati
59154 Telp. 0295 4150339
LEMBAR PENGESAHAN
Kunjungan Industri
di PT. DUA KELINCI
Hari rabu,
26 November 2012
Laporan ini telah di periksa dan disetujui oleh
Ketua Kaprog
Multimedia Guru
Humas
(Bapak Moh.
Abad,S.Kom) (Bapak
Riyanto,M.Pd)
Kepala Sekolah SMK CORDOVA
(Bapak H.M Sudiyono,S.Pd,M.Pd)
|
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat, taufik
dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyusun laporan KUNJUNGAN INDUSTRI
dengan lancar.
Laporaninidisusunberdasarkanhasil
KUNJUNGAN INDUSTRI yang dilaksanakanpada Hari, Rabu,tanggal 26, November2012di PT. DUA KELINCI. PATI yang diikutioleh kelas X MULTIMEDIA, FARMASI, TEKNIK SEPEDA MOTOR,
dan sebagian kelas XI serta guru pembimbing.
Denganmembacalaporanini,
diharapkanparapembacamampumengetahuikonsepteknologi yang diterapkan di
perusahaantersebutdandapatbergunauntukkemajuansemuapihak yang
membacanya.Selainitu agar mahasiswadapatmengetahui proses produksi,
sistemInformasi, TeknologiInformasidan SDM.
Pada
kesempatan ini, perlu kiranya penulis mengucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu
Guru dan Bapak/Ibu pemimpin PT. DUA KELINC.PATI pada waktu pelaksanaan
KUNJUNGAN INDUSTRI berlangsung dan semua pihak yang telah mendukung pembuatan
laporan sehingga saya dapat menyelesaikan laporan karya ilmiah ini.
Sayamenyadaribahwalaporaninimasihbanyakkekurangandanmasihjauhdarisempurna.Olehkarenaitu,
sayasangatmengharapkan saran ataukritik yang embangundariberbagaipihakdanakansayaterimadengansenanghati.
Semogadenganterselesaikannyalaporaninidapatbermanfaatbagikitasemua.
DAFTAR ISI
Halaman
Judul
Lembar
Pengesahan
Kata
Pengantar
Daftar Isi
BAB I. PENDAHULUAN
A. LatarBelakang
B. TujuanPenyusunanLaporanKunjungan Industri
C. TujuanPembuatanLaporanKunjungan Industri
D. MetodePengumpulan Data
E. WaktudanTempat pelaksanaan
BAB II. TINJAUAN UMUM TENTANG PERUSAHAAN
A. SejarahBerdirinya PT. DUA KELINC
B. Profil Sejarah Kacang Dua Kelinci
C. Kios-kios
D.
Visi
E.
Misi
BAB III. PENUTUP
Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa
tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang
kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia indusri.
Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambar kepada siswa tentang perindustrian.
Siswa harus membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang
diperoleh di sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di
peroleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan.
B. Tujuan
Kunjungan Industri
Adapun beberapa tujuan diselenggarakannya kunjungan
industri bagi siswa sebagai berikut: memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2. mendorong siswa agar mempunyai
minat bekerja di perusahaan.
3. membantu siswa melaksanakan
program diklat.
4. memberi informasi tentang cara
kerja dan tenaga kerja perusahaan.
5. mendorong siswa agar mempunyai
rasa kedisiplinan dan tanggungjawab.
C. Tujuan
Pembuatan Laporan
Adapun beberapa tujuan diselenggarakannya kunjungan
industri bagi siswa sebagai berikut: memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2. mendorong siswa agar mempunyai
minat bekerja di perusahaan.
3. membantu siswa melaksanakan
program diklat.
4. memberi informasi tentang cara
kerja dan tenaga kerja perusahaan.
5. mendorong siswa agar mempunyai
rasa kedisiplinan dan tanggungjawab.
D. Metode
Mengumpulkan Data
Dalam Laporan ini saya menggunakan 2 metode yaitu
:
1. Metode
observasi/pengamatan.
Dalam metode
ini penulis mengambil atau mengumpulkan data dan bahan untuk pembuatan laporan
dengan cara mengamati langsung perusahaan tersebut.
2. Browsing
Internet
Dalam metode
ini penulis mengambil atau mengumpulkan data yang belum sepenuhnya memadai dan
mencari informasi lewat Browsing Internet sebagai bahan untuk pembuatan laporan
.
E. Waktu dan
Tempat Pelaksanaan
Kunjungan
Industri Dilaksanakan pada :
Hari : Rabu
Tanggal : 26
November 2012
Tempat : PT.
DUA KELINCI
BAB
II. TINJAUAN UMUM TENTANG PERUSAHAAN
A. SEJARAH BERDIRINYA PT. DUA
KELINCI
Berawal di
Surabaya, dimulai dari usaha repacking kacang garing yang didirikan oleh
keluarga suami istri, yaitu Bapak Ho Sie Ak dan Ibu Lauw Bie Giok dengan merek
“Sari Gurih” yang berlogo gambar dua kelinci, usaha yang dirintis sejak tahun
1972 ini mulai berkembang menjadi industri di tahun 1985 dengan didirikannya PT. Dua Kelinci(Dua Kelinci). Dua Kelinci
merupakan produsen terkemuka di Indonesia yang telah menerapkan sistem
manajemen kualitas berstandar internasional.
Pada tahun
1982 terjadi perubahan merek dari “Sari Gurih” menjadi “Dua Kelinci” karena
sebagian besar konsumen lebih suka menyebut dua kelinci. Kemudian pada tahun
1985, tepatnya pada tanggal 15 Juli 1985 didirikan PT. Dua Kelinci di Pati,
Jawa Tengah oleh Bapak Ali Arifin dan Bapak Hadi Sutiono. Kota ini merupakan
sentra industri kacang garing di Indonesia.
Pada tahun
2000, PT. Dua Kelinci mulai melakukan pengembangan produk, yaitu memproduksi
varian kacang kulit, kacang bersalut tepung, serta produk makanan berbahan
dasar tepung, pengembangan peralatan serta mesin produksi berteknologi modern.
Kemudian pada tahun 2006, PT. Dua Kelinci juga mengembangkan produk berbasis
biji-bijian atau serealia. Pada tahun 2007, PT. Dua Kelinci melakukan
pengembangan visi menjadi yang terbaik di bidang food and baverage industry,
dengan menerapkan sistem manajemen keamanan dan kehalalan pangan.
B.
PROFIL SEJARAH DUA KELINCI
Profil sejarah kacang dua kelinci
yang merupakan produsen snack berbahan dasar kacang ini dapat anda simak dibawah
ini.
Berdiri pada 1927, PT Dua Kelinci bermula dari industri rumah tangga kecil yang memproduksi kacang garing. Visinya sederhana: memproduksi kacang garing berkualitas.
Wilayah edarnya pun terbatas, hanya di Surabaya dan sekitarnya. Namun, distribusi berkembang dan meluas mencapai seluruh Jawa Timur. Pada 1985, perusahaan ini mendirikan pabrik baru seluas 6 hektare di Pati, Jawa Tengah. Daerah ini dikenal sebagai penghasil kacang tanah dengan kualitas terbaik.
C.
KIOS-KIOS
PT Dua Kelinci mendirikan kios dengan
nama “Kios Kelinci” sebgai benruk apresiasi terhadap masyarakat pati yang telah
memiliki andil cukup besar dalam pengembanagan PT Dua Kelinci. Di dirikan pada
tahun 2004, kios yang buka 7 hari dalam seminggu dari jam 6 pagi hingga jam 11
malam ini menyajikan berbagai varian produk PT Dua Kelinci dan di lengkapi
beragam fasilitas penunjang. Dan saat ini “Kios Kelinci” telah menjadi ikon
oleh-oleh kas kota Pati dan menjadi kebanggaan masyarakat kota Pati. Hingga
kini, “Kios Kelinci” telah di kunjungi puluhan ribu konsumen dari dalam maupun
luar negeri.
D.
VISI
1. Memproduksi
kacang garing yang berkualitas agar dapat diterima di pasaran.
2.
Menjadi yang terbaik di bidang food and beverage
industry.
E.
MISI
1.
Meningkatkan daya saing di segala bidang, terutama di
segi kualitas, efisiensi dan teknologi secara berkelanjutan.
2.
Mempertahankan konsistensi dalam meningkatkan prestasi.
3.
Memperkuat Corporate Brand Dua Kelinci dengan jaringan
distribusi yang merata dalam skala global.
PENUTUP
Mudah-mudahantugasinidapatbermanfaatbagisemuadandapatditerimaolehpembaca.Sebagaimanusiabiasatentusajapenulismenyadarimasihbanyakkekuranganataukasalahandalammenyusuntugasini.Penulis berharapkritikdan saran yang bisamembantuuntukmenyelesaikantugasberikutnya,
semogadapatditerimaapaadanya. Sebabinisebataskemampuan penulisdalammenyusunlaporansesuaidenganmateri yang penulisterima
Penulissangatberterimakasihkepada Bapak/Ibu guru, pendamping kunjungan industri yang telahmembantupenulisdanmemotivasipenulissehinggadapatterselesaikandenganbaik. Tak lupa buat para panitia
kunjungan industri penulis ucapkan terima kasih.Demikiansemogadapatmenjadikanpengalaman yang paling
berharga.Terimakasihbanyakatasditerimanyatugasinisebagaibuktiniatdanketulusanhatidalammenjalanitugas
yang diberikan.
KESIMPULAN
·
Dalam berbisnis makanan ringan, sukses atau
tidaknya dalam menjalankan bisnis itu tidak lepas dari kreatifitas kepemimpinan
maupun manajemen yang di terapakan di perusahaan.
·
Kesuksesan dalam menjalankan bisnis makanan
ringan juga harus memperhatikan kualitas dan kuantitas produk yang di pasarkan.
·
Menjalankan bisnis makanan ringan juga harus
melihat-lihat kondisi pasaran, agar produk yang di keluarkan dapat di terima di
pasaran.
DAFTAR
PUSTAKA
·
Profil PT Dua Kelinci.
·
Presentasi “Katom” sengketa nama yang di
perebutkan PT Dua Kelici
0 komentar:
Posting Komentar