Selasa, 11 Maret 2014

Laporan Kunjungan Industri

LAPORAN kunjungan industri
Ke pt. dua kelinci







Disusun Oleh      
Nama                   :  ALI MAHMUDI
NIS                       : 2011385







YAYASAN AL – ZAHRA HAJAIN
SMK CORDOVA KAJEN MARGOYOSO PATI
TAHUN PELAJAAN 2012 / 2013
Jl. Polgarut Selatan Margoyoso Pati 59154 Telp. 0295 4150339



LEMBAR PENGESAHAN


Kunjungan Industri di PT. DUA KELINCI
Hari rabu, 26 November 2012


Laporan ini telah di periksa dan disetujui oleh





Ketua Kaprog Multimedia                                                                  Guru Humas






(Bapak Moh. Abad,S.Kom)                                                    (Bapak Riyanto,M.Pd)





Kepala Sekolah SMK CORDOVA






(Bapak H.M Sudiyono,S.Pd,M.Pd)










KATA PENGANTAR

         Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyusun laporan KUNJUNGAN INDUSTRI dengan lancar.
         Laporaninidisusunberdasarkanhasil KUNJUNGAN INDUSTRI yang dilaksanakanpada Hari, Rabu,tanggal 26, November2012di PT. DUA KELINCI. PATI  yang diikutioleh kelas X MULTIMEDIA, FARMASI, TEKNIK SEPEDA MOTOR, dan sebagian kelas XI serta guru pembimbing.
         Denganmembacalaporanini, diharapkanparapembacamampumengetahuikonsepteknologi yang diterapkan di perusahaantersebutdandapatbergunauntukkemajuansemuapihak yang membacanya.Selainitu agar mahasiswadapatmengetahui proses produksi, sistemInformasi, TeknologiInformasidan SDM.
         Pada kesempatan ini, perlu kiranya penulis mengucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu Guru dan Bapak/Ibu pemimpin PT. DUA KELINC.PATI pada waktu pelaksanaan KUNJUNGAN INDUSTRI berlangsung dan semua pihak yang telah mendukung pembuatan laporan sehingga saya dapat menyelesaikan laporan karya ilmiah ini.
         Sayamenyadaribahwalaporaninimasihbanyakkekurangandanmasihjauhdarisempurna.Olehkarenaitu, sayasangatmengharapkan saran ataukritik yang embangundariberbagaipihakdanakansayaterimadengansenanghati. Semogadenganterselesaikannyalaporaninidapatbermanfaatbagikitasemua.
        








DAFTAR ISI

Halaman Judul
Lembar Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I.  PENDAHULUAN

A.    LatarBelakang 
B.     TujuanPenyusunanLaporanKunjungan Industri
C.     TujuanPembuatanLaporanKunjungan Industri
D.    MetodePengumpulan Data 
E.     WaktudanTempat  pelaksanaan 
BAB II.  TINJAUAN UMUM TENTANG PERUSAHAAN

A.    SejarahBerdirinya PT. DUA KELINC
B.   Profil Sejarah Kacang Dua Kelinci 
C.   Kios-kios
D.   Visi
E.   Misi
BAB III.  PENUTUP

Kesimpulan 
DAFTAR PUSTAKA       



BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 

        Kunjungan industri dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia indusri. Kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambar kepada siswa tentang perindustrian. Siswa harus membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh di sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan. 

B. Tujuan Kunjungan Industri 

        Adapun beberapa tujuan diselenggarakannya kunjungan industri bagi siswa sebagai berikut:  memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja. 
2. mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan. 
3. membantu siswa melaksanakan program diklat. 
4. memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan. 
5. mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggungjawab. 

C. Tujuan Pembuatan Laporan 

         Adapun beberapa tujuan diselenggarakannya kunjungan industri bagi siswa sebagai berikut:              memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja. 
2. mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan. 
3. membantu siswa melaksanakan program diklat. 
4. memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan. 
5. mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggungjawab. 

D. Metode Mengumpulkan Data 

         Dalam Laporan ini saya menggunakan 2 metode yaitu : 

1. Metode observasi/pengamatan. 
Dalam metode ini penulis mengambil atau mengumpulkan data dan bahan untuk pembuatan laporan dengan cara mengamati langsung perusahaan tersebut. 

2. Browsing Internet 
Dalam metode ini penulis mengambil atau mengumpulkan data yang belum sepenuhnya memadai dan mencari informasi lewat Browsing Internet sebagai bahan untuk pembuatan laporan . 

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan 

Kunjungan Industri Dilaksanakan pada : 
Hari : Rabu
Tanggal : 26 November 2012 
Tempat : PT. DUA KELINCI 
BAB II.  TINJAUAN UMUM TENTANG PERUSAHAAN

A.    SEJARAH BERDIRINYA PT. DUA KELINCI
Berawal di Surabaya, dimulai dari usaha repacking kacang garing yang didirikan oleh keluarga suami istri, yaitu Bapak Ho Sie Ak dan Ibu Lauw Bie Giok dengan merek “Sari Gurih” yang berlogo gambar dua kelinci, usaha yang dirintis sejak tahun 1972 ini mulai berkembang menjadi industri di tahun 1985 dengan didirikannya PT. Dua Kelinci(Dua Kelinci). Dua Kelinci merupakan produsen terkemuka di Indonesia yang telah menerapkan sistem manajemen kualitas berstandar internasional.
Pada tahun 1982 terjadi perubahan merek dari “Sari Gurih” menjadi “Dua Kelinci” karena sebagian besar konsumen lebih suka menyebut dua kelinci. Kemudian pada tahun 1985, tepatnya pada tanggal 15 Juli 1985 didirikan PT. Dua Kelinci di Pati, Jawa Tengah oleh Bapak Ali Arifin dan Bapak Hadi Sutiono. Kota ini merupakan sentra industri kacang garing di Indonesia.
Pada tahun 2000, PT. Dua Kelinci mulai melakukan pengembangan produk, yaitu memproduksi varian kacang kulit, kacang bersalut tepung, serta produk makanan berbahan dasar tepung, pengembangan peralatan serta mesin produksi berteknologi modern. Kemudian pada tahun 2006, PT. Dua Kelinci juga mengembangkan produk berbasis biji-bijian atau serealia. Pada tahun 2007, PT. Dua Kelinci melakukan pengembangan visi menjadi yang terbaik di bidang food and baverage industry, dengan menerapkan sistem manajemen keamanan dan kehalalan pangan.

B.     PROFIL SEJARAH DUA KELINCI
Profil sejarah kacang dua kelinci yang merupakan produsen snack berbahan dasar kacang ini dapat anda simak dibawah ini.

Berdiri pada 1927, PT Dua Kelinci bermula dari industri rumah tangga kecil yang memproduksi kacang garing. Visinya sederhana: memproduksi kacang garing berkualitas.

Wilayah edarnya pun terbatas, hanya di Surabaya dan sekitarnya. Namun, distribusi berkembang dan meluas mencapai seluruh Jawa Timur. Pada 1985, perusahaan ini mendirikan pabrik baru seluas 6 hektare di Pati, Jawa Tengah. Daerah ini dikenal sebagai penghasil kacang tanah dengan kualitas terbaik.




C.     KIOS-KIOS
PT Dua Kelinci mendirikan kios dengan nama “Kios Kelinci” sebgai benruk apresiasi terhadap masyarakat pati yang telah memiliki andil cukup besar dalam pengembanagan PT Dua Kelinci. Di dirikan pada tahun 2004, kios yang buka 7 hari dalam seminggu dari jam 6 pagi hingga jam 11 malam ini menyajikan berbagai varian produk PT Dua Kelinci dan di lengkapi beragam fasilitas penunjang. Dan saat ini “Kios Kelinci” telah menjadi ikon oleh-oleh kas kota Pati dan menjadi kebanggaan masyarakat kota Pati. Hingga kini, “Kios Kelinci” telah di kunjungi puluhan ribu konsumen dari dalam maupun luar negeri.
D.    VISI
1.      Memproduksi kacang garing yang berkualitas agar dapat diterima di pasaran.
2.      Menjadi yang terbaik di bidang food and beverage industry.
E.     MISI
1.      Meningkatkan daya saing di segala bidang, terutama di segi kualitas, efisiensi dan teknologi secara berkelanjutan.
2.      Mempertahankan konsistensi dalam meningkatkan prestasi.
3.      Memperkuat Corporate Brand Dua Kelinci dengan jaringan distribusi yang merata dalam skala global.













PENUTUP

         Mudah-mudahantugasinidapatbermanfaatbagisemuadandapatditerimaolehpembaca.Sebagaimanusiabiasatentusajapenulismenyadarimasihbanyakkekuranganataukasalahandalammenyusuntugasini.Penulis berharapkritikdan saran yang bisamembantuuntukmenyelesaikantugasberikutnya, semogadapatditerimaapaadanya. Sebabinisebataskemampuan penulisdalammenyusunlaporansesuaidenganmateri yang penulisterima
       Penulissangatberterimakasihkepada Bapak/Ibu guru, pendamping kunjungan industri yang telahmembantupenulisdanmemotivasipenulissehinggadapatterselesaikandenganbaik. Tak lupa buat para panitia kunjungan industri penulis ucapkan terima kasih.Demikiansemogadapatmenjadikanpengalaman yang paling berharga.Terimakasihbanyakatasditerimanyatugasinisebagaibuktiniatdanketulusanhatidalammenjalanitugas yang diberikan.
KESIMPULAN
·         Dalam berbisnis makanan ringan, sukses atau tidaknya dalam menjalankan bisnis itu tidak lepas dari kreatifitas kepemimpinan maupun manajemen yang di terapakan di perusahaan.
·         Kesuksesan dalam menjalankan bisnis makanan ringan juga harus memperhatikan kualitas dan kuantitas produk yang di pasarkan.
·         Menjalankan bisnis makanan ringan juga harus melihat-lihat kondisi pasaran, agar produk yang di keluarkan dapat di terima di pasaran.

DAFTAR PUSTAKA
·         Profil PT Dua Kelinci.

·         Presentasi “Katom” sengketa nama yang di perebutkan PT Dua Kelici

0 komentar:

Posting Komentar